Fitur Baru MapInfo Professional 10.0

Posting kali ini akan membahas tentang fitur-fitur baru dan fitur lama yang dikembangkan di MapInfo Professional 10.0.

Layer PDF
MapInfo 10 memungkinkan kita menyimpan peta ke file PDF. File PDF mampu menyimpan beberapa halaman menjadi satu yang dikenal sebagai layer. Layer di PDF mirip dengan layer MapInfo. Untuk menyimpan layer peta dalam format PDF, dari menu klik File lalu pilih Print. Dari Print Dialog Box, pilih MapInfo PDF Printer Version 10.0 di Name list

Tampilan di Adobe Acrobat

Ketika di buka Acrobat reader, hasilnya akan tampak seperti ini. Disebelah kiri, ada window semacam layer control di MapInfo, untuk mengatur visibility dari layer.

Database Support
Mapinfo 10 mendukung database seperti

  1. Microsoft Office 2007 Access dan Excell. Mapinfo 10 dapat mengakses file .ACCDB dan .XLSX tetapi tidak support dengan file .XLSM dan .XLSB
  2. PostgresSQL/PostGIS
  3. SQL Server 2008 atau SQL Server Spatial, SQL server 2008 yang mendukung data spasial yang mempunyai tipe data geografi dan geometri

Popular Visualization CRS/Mercator
Mapinfo 10 mendukung Popular Visualization CRS atau sistem referensi koordinat mercator yang digunakan di Microsoft Virtual Earth dan Google Map atau yang dikenal sebagai “Spherical Mercator”. Proyeksi mercator ini tidak menggunakan parameter ellipsoid tapi menggunakan parameter spherical. Sehingga data peta dapat diplotkan secara tepat di Virtual earth dan Google Map.
Sistem koordinat Spherical Mercator telah di terima di EPSG Geodetic Parameter Registry dengan kode EPSG:3857. MapInfo professional 10.0 support dengan EPSG:3857 termasuk WGS84 Sphere ellipsoid baru (ID 54) dan datum baru (ID 157).

United States National Grid
MapInfo 10 support dengan sistem koordinat United States National Grid for Spatial Addressing (USNG). System koordinat ini mendefinisikan bagaimana system koordinat UTM dengan berbagai tingkat ketelitian.

Membaca file DBF dengan format UTF-8
MapInfo 10 support (hanya read only) file DBF dengan format UTF-8. Banyak vendor mendistribusikan data dalam bentuk shapefile termasuk didalamnya data attribut berformat UTF-8 dan MapInfo 10 dapat mengakses file ini dengan lebih mudah.
Untuk membuka file DBF atau shapefile format UTF-8

  1. Dari file menu, klik Open
  2. Dari daftar Files of type, pilih dBASE DBF (*.dbf) atau Shape
  3. Pilih lokasi file
  4. Klik Open. Kotak dialog informasi muncul
  5. Dari daftar File Character Set pilih UTF-8
  6. Klik OK.

Mengatur jenis metafile yang dicopy ke clipboard
MapInfo 10 bisa mengatur clipboard sehingga hanya metafile dengan tipe tertentu yang akan di copy ke clipboard. Untuk merubah setting ini Klik option – Preferences – System Settings.

Setting windows

Pilih checkbox “Copy Metafile to clipboard”. Lalu pilih salah satu:

  • Copy MapInfo Map Object ke clipboard – Pilih ini jika ingin mengkopi objek peta ke clipboard.
  • Copy EMF to Clipboard – Pilih ini jika ingin mengkopy peta ke aplikasi yang hanya support EMF seperti Microsoft office 2003
  • Copy EMF+ to Clipboard – Pilih ini jika ingin mengkopi peta ke aplikasi yang support EMF+ seperti Microsoft Office 2007
  • Copy EMF+ Dual to Clipboard – pilih ini untuk mengkopi ke aplikasi yang mungkin support ataupun tidak support dengan EMF+ seperti Microsoft Office 2003 dan Ms Office 2007. EMF+Dual akan menghasilkan file yang lebih besar daripada EMF+. Tetapi lebih kompatible dengan aplikasi lama yang tidak support dengan EMF+.

Tool
MapInfo 10 menambahkan tool baru “Proportional Overlap” untuk menghitung proporsi agregat dari objek di tabel target yang overlap dengan objek di base table. Dengan tool ini, kita bisa menambahkan nilai ke kolom baru atau kolom yang sudah ada di tabel target. Untuk menggunakan tool ini pilih Tool Manager – Propotional Overlap.

Sumber: MapInfo Professional 10 Release Notes.
Baca juga : Wajah Baru MapInfo Professional 10.0

About these ads

About Yuniar

Penulis sekarang lebih banyak bekerja menggunakan teknologi Microsoft .NET secara umum dan TIDAK lagi menggunakan aplikasi MapXtreme.net dari MapInfo. Karena itu mohon maaf, jika pertanyaan-pertanyaan mengenai MapXtreme sudah tidak bisa saya jawab lagi.

Posted on 30 Juli 2009, in MapInfo and tagged , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: