Membangun aplikasi Web GIS Menggunakan MapXtreme tanpa template

Template yang disediakan mapXtreme pada kenyataannya sering tidak sesuai dengan desain web kita. Karena itu kita perlu membuat desain sendiri tanpa menggunakan template yang disediakan.

Berikut ini kita akan membuat aplikasi web gis mapXtreme sederhana tanpa menggunakan template yang tersedia.
Untuk membuatnya sama seperti membuat aplikasi web ASP.net pada umumnya.

  1. Dari Visual Studio pilih menu File – New Web Site
  2. Di window template pilih ASP.NET web site.
  3. Dari toolbox drag tool MapControl, ZoomInTool dan ZoomOutTool.
  4. Perhatikan di Solution explorer, ada tambahan satu folder baru MapXtremeWebResources. Semua file pendukung dari mapXtreme tersimpan di folder ini. Jika ingin mengganti image dari tool dapat diubah disini.

    Panel solution explorer

  5. Klik MapControl dan ubah property MapAlias

    Panel MapControl properties

  6. Klik pada ZoomIn dan ZoomOut tool dan ubah property MapControlID, isi dengan MapControl1. MapControl1 adalah ID dari MapControl.

    ZoomIn tool properties

  7. Buka file Web.Config. Didalam tab AppConfig tambahkan kode berikut:
    <key="MapInfo.Engine.Session.Pooled" value="False"/>
    <key="MapInfo.Engine.Session.State" value="HttpSessionState"/>
    <key="MapInfo.Engine.Session.Workspace" value="C:\Program Files\MapInfo\MapXtreme\6.8.0\Samples\Data\world.mws"/>

    dan juga ubah tag dibawah, ganti mode=StateServer menjadi InProc.

    <mode="InProc" stateconnectionstring="tcpip=127.0.0.1:42424" sqlconnectionstring="data source=127.0.0.1;user id=sa;password=" cookieless="false" timeout="20">
  8. Pilih menu Debug — Start Debuging,
    Aplikasi web gis sederhana menggunakan mapXtreme berhasil dibuat.

    Hasil... setelah di running

Pada contoh ini, aplikasi dibuat menggunakan metode automatic/InProc sehingga tidak memerlukan code yang pajang.

About Yuniar

Penulis sekarang lebih banyak bekerja menggunakan teknologi Microsoft .NET secara umum dan TIDAK lagi menggunakan aplikasi MapXtreme.net dari MapInfo. Karena itu mohon maaf, jika pertanyaan-pertanyaan mengenai MapXtreme sudah tidak bisa saya jawab lagi.

Posted on 1 Juli 2009, in MapXtreme, Web GIS and tagged , . Bookmark the permalink. 36 Komentar.

  1. Bro, saya dapat pesan error seperti ini..
    Apa artinya bro?
    +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
    The session is not active either because the WebSessionActivator is not registered or you are attempting to access the session in your IHttpHandler’s constructor. To register the WebSessionActivator add the following entry to your web.config file: <add type="MapInfo.Engine.WebSessionActivator, MapInfo.CoreEngine, Version=, Culture=neutral, PublicKeyToken=93e298a0f6b95eb1″ name=”WebSessionActivator” />. Replace with the current version of MapInfo.CoreEngine.dll assembly.
    +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++

    Padahal di web.confignya, script web activator sudah terpasang..
    +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++

    +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++

    Saya menggunakan mapxtreme 6.8.0. running di iis 6. operating sistem windows 7 ultimate.

    Tolong pencerahannya bro..
    Thanks..

  2. Apakah saya dapat melihat isi web.config hasil konfigurasi anda?

    Thanks..

    • Kalo ada menambahkan kontrol mapxtreme, misal ‘MapControl’, seharusnya secara otomatis, akan terbentuk settingan resource di web config.
      Jika tidak muncul anda bisa menambahkan sediri.
      Di error itu, anda tinggal menambahkan kode tsb di bagian

      <system.web>
         . . . . . 
         <httpModules>
            <add type="MapInfo.Engine.WebSessionActivator, MapInfo.CoreEngine, Version=6.8.0.536, Culture=neutral, PublicKeyToken=93e298a0f6b95eb1" name="WebSessionActivator"/>
         </httpModules>
      </system.web>
      

      Tips: Untuk melihat setting webconfig, Silahkan membuka file web.config sample bawaan mapxtreme atau anda buat satu app menggunakan template bawaan mapxtreme.

      • saya sudah memeriksa web.config dari sample aplikasi mapxtreme.
        baris kode yang anda tuliskan telah ada di web.config saya..
        dan itulah yang membuat saya pusing, karena web activatornya telah terdaftar di http modules dan errornya menyatakan bahwa web activatornya belum terdaftar.

        saya pikir kesalahan saya ada di settingan iis, tp saya masih bingung di bagian yang mana. makanya saya ingin melihat file web.config anda untuk memastikan tidak ada kesalahan lain selain web activatornya.

        well.. saya juga telah googling mengenai error ini tp solusi yang ada tidak memberikan pemecahan.

        mapxtreme versi berapa yang anda gunakan?

  3. Di pc anda ada berapa mapxtreme? kadang jika ada versi 671 ama 68 suka bentrok.

    Coba di runut satu-satu:
    1. Workspace managernya gimana? bisa jalan?
    2. Buka samplenya dan di running…
    3…. saya pikir dulu

    Saya gunakan mapxtreme 6.8, osnya XP, ama windows server 2003.

    NB: (Nambah)
    DI error nya tertulis, web session activator not activate, Dugaan saya ada kemungkinan, tidak ter-register ke IIS. Coba anda jalankan sampel mapxtreme nya, bisa running apa gak. Jika sample bisa running dg lancar… maka,… saya jadi ikut bingung… knp ya?

    • workspace managernya bisa running.
      jika saya running sample aplikasi yang desktop, semuanya bisa running.
      nah.. yang nda bisa running itu web applicationnya..
      errornya ada di web activator yang nda terdaftar katanya..

      saya menggunakan iis 6 dan windows 7. mapxtreme 6.8.

      thanks atas perhatiannya..

  4. web-activator emang digunakan untuk yg web.
    Bagaimana jika .NET frameworknya di register ulang?
    1. jalankan komen ‘CMD’ di window Run…
    2. di cmd arahkan ke folder C:\WINDOWS\Microsoft.NET\Framework\v2.0.50727
    3, jalankan perintah aspnet_regiis /u
    4. jalankan perintah aspnet_regiis /i
    5. buka ‘window Services’
    6. jalankan ‘ASP.NET State service dan ubah starup type nya menjadi automatic
    7. Restart IIS Admin

    Langkah2 ini berdasarkan windows XP… kalo di windows 7 saya belum tahu, sama ato gak.

    Beritahu saya hasilnya.

    • semua langkah2nya sama dan bisa di eksekusi.

      saya kembali menjalankan web appnya dan errornya masih sama.

      bgmana caranya tulis code dalam quota?

      • Gak bisa juga ya? di PC mas Mamat mapxtremenya cuman ada 1 versi, sepertinya memang ada masalah dg IIS nya.
        Langkah terakhir : Install ulang mapxtremenya😀

        maksudnya tulis code dalam quota gimana?

  5. iya nih..
    kayaknya yang masalah ada di iisnya..

    saya coba install ulang dulu deh mapxtremenya..

    apakah code di http handlers anda seperti ini?

  6. waduh gmana caranya nulis baris code yah?

  7. saya ada code ini di http handler

    <handlers>
          <remove name="WebServiceHandlerFactory-Integrated" />
    			<remove name="ScriptHandlerFactory" />
    			<remove name="ScriptHandlerFactoryAppServices" />
    			<remove name="ScriptResource" />
          
                <add name="LayerController.ashx_*" path="LayerController.ashx" verb="*" type="MapInfo.WebControls.LayerController, MapInfo.WebControls, Version=6.8.0.536, Culture=neutral, PublicKeyToken=0a9556cc66c0af57" preCondition="integratedMode,runtimeVersionv2.0" />
                <add name="MapController.ashx_*" path="MapController.ashx" verb="*" type="MapInfo.WebControls.MapController, MapInfo.WebControls, Version=6.8.0.536, Culture=neutral, PublicKeyToken=0a9556cc66c0af57" preCondition="integratedMode,runtimeVersionv2.0" />
    			
          <add name="ScriptHandlerFactory" verb="*" path="*.asmx" preCondition="integratedMode" type="System.Web.Script.Services.ScriptHandlerFactory, System.Web.Extensions, Version=3.5.0.0, Culture=neutral, PublicKeyToken=31BF3856AD364E35" />
    			<add name="ScriptHandlerFactoryAppServices" verb="*" path="*_AppService.axd" preCondition="integratedMode" type="System.Web.Script.Services.ScriptHandlerFactory, System.Web.Extensions, Version=3.5.0.0, Culture=neutral, PublicKeyToken=31BF3856AD364E35" />
    			<add name="ScriptResource" verb="GET,HEAD" path="ScriptResource.axd" preCondition="integratedMode" type="System.Web.Handlers.ScriptResourceHandler, System.Web.Extensions, Version=3.5.0.0, Culture=neutral, PublicKeyToken=31BF3856AD364E35" /></handlers>
     
    • Sepertinya anda membuat aplikasi mapxtreme menggunakan framework 3.5.
      Untuk aplikasi mapxtreme di framework 2.0, http handlernya paling cuman seperti ini

      <httpHandlers>
         <add verb="*" path="MapController.ashx" type="MapInfo.WebControls.MapController, MapInfo.WebControls, Version=6.8.0.536, Culture=neutral, PublicKeyToken=0a9556cc66c0af57"/>
         <add verb="*" path="LayerController.ashx" type="MapInfo.WebControls.LayerController, MapInfo.WebControls, Version=6.8.0.536, Culture=neutral, PublicKeyToken=0a9556cc66c0af57"/>
         <add verb="GET,HEAD" path="ScriptResource.axd" type="System.Web.Handlers.ScriptResourceHandler, System.Web.Extensions, Version=1.0.61025.0, Culture=neutral, PublicKeyToken=31bf3856ad364e35" validate="false"/>
         <add verb="GET,POST" path="GetMap.ashx" type="MapInfo.Wms.WmsHttpHandler, MapInfo.Wms.Server, Version=6.8.0.536, Culture=neutral, PublicKeyToken=4ac3224575145b20"/>
      </httpHandlers>
      

      Mapxtreme 6.8 pd dasarnya menggunakan framework 2.0, tapi saya pernah mencobanya menggunakan framework 3.5. Dan gak ada masalah, setidaknya untuk aplikasi yang gak terlalu rumit.

  8. Untuk mengubah mapxtreme ke framework 2.0 gmana caranya?

    tolong pencerahannya..

  9. saya udah ubah ke framework 2.0

    muncul lagi error :

    HTTP Error 500.22 – Internal Server Error
    An ASP.NET setting has been detected that does not apply in Integrated managed pipeline mode.

    mohon pencerahannya..

    • Silahkan di tanyakan di Google, tentang error 500 ini. Terus terang kalo menghadapi error 500 saya bener-bener gak tahu harus mulai dari mana karena system tidak menjelaskan secara pasti, dibagian mana yang error.
      Secara detil, tentang errornya dapat dilihat di Event viewer di administratif tool.
      Sepertinya OS yang dipakai mas Mamat bener-bener bermasalah.

  10. Iya nih mas..
    saya pakenya os windows 7 ultimate sih..

    nanti saya cari lagi mas..

    thanks atas supportnya..

    nanti nanya2 lagi yah mas..

  11. Mapxtreme_newbie

    Maaf mas yuniar mau bertanya nech…
    Saya sedang mencoba develop web gis dengan memakai mapxtreme 6.8
    Pertanyaannya :
    Mapcontrol itu hanya bisa di pake sekali saja ya mas..? sebelumnya saya sudah membuat mapcontrol di page1 kemudian saya coba pake mapcontrol di page2 kok malah error ya mas…
    errornya : mapcontrolId not identified..
    padahal di mapcontrol ke dua sudah saya rubah mapcontrolid’nya termasuk juga di behind codenya..

    Mohon bantuannya

    • Sebenarnya tidak masalah, mapcontrolnya di pakai berulang kali dalam satu projek. Asal tidak dalam satu page.
      Sebagai contoh nya silahkan baca komen saya yang ini.

      Kemungkinan, errornya karena property ID dari mapcontrol belum diisi. Coba di cek lagi.

  12. Erik Rusbiantara

    Dear mas yuniar…
    hello mas yuniar,
    mw tanya nie..saya baru belajar GIS, saya mau bwt GIS berbasis asp.net, saya pk VB.2005,trus yang saya mw tanyakan,mapxtreme versi brp yg hrs saya instal agar compatible dgn vb.2005?? dan da ga situs download gratis software tsb??
    saya butuh bantuannya mas…
    thankz sebelumnya..
    sehat sll….

    • mapxtreme 6.8 atau 7 bisa kok mas. Yang penting .NET frameworknya 2.0 keatas.
      Kalo mo donlot, coba googling ke websitenya mapinfo. Disana ada.

      • Erik Rusbiantara

        sblumnya thankz uda mw dblz.
        waduchh.saya bingung mas mw download dmn..uda saya searching smw tp hanya mapxtreme trial yg saya dpt itu pun saya msh bingung,saya uda instal tp di bagian tempalate asp.net yg telah terinstal mapxtreme ‘desain’nya malah error..apa btuh setting lainnya mas??
        klu bole tw dmn link download mapxtreme yg complete mas..??
        saya btuh bantuannya mas.
        thankz sebelumnya….
        slm knal iyaw….(Erick from bali)

      • ini link untuk download versi trial nya
        http://www.pbinsight.com/support/product-downloads/for/mapxtreme
        Kalo mau versi ori, ya gak gratis 😀 Tapi versi trial bisa dipakai kok. Saya selama ini develop juga pake versi trial, cuman pake “special licence key”😛

        Errornya gmana mas? selama ini saya nginstall baik-baik aja.
        Memang harus ada urutannya. Sebelum install mapxtreme, pastikan IIS, .NET framework 2.0 dan visual studio nya terinstall lebih dahulu. Mapxtreme nya yang paling akhir.

      • Erik Rusbiantara

        special licence key??
        mksudnya mas??😀 maklum kurang ngerti…hehehe
        Trial..yaah sayang kn mas cuma bs dpk bbrp bln doankz…..

      • special license key maksudnya, lisensi khusus biar gak ada batas waktu makenya (kagak ada matinye) hehe😀 (alias di *****)
        Kalo kita beli mapxtreme ori, kalo gak salah kan ada 2 lisensi. 1 lisensi untuk develop aplikasi, biasanya di pasang di laptop ato pc tempat aplikasi di bikin ama 1 lisensi buat di server, untuk aplikasi yang udah jadi dan di publish.
        Kalo cuman buat develop harus beli, gak sanggup dah. Biasanya client kita yang beli ori ama lisensi untuk server, trus di pasang di server mereka. Kalo aku, develop pake yang versi trial, toh sama ajah..

  13. Selamat Sore Mas Yuniar,
    Maaf mengganggu.
    Kalo saya klik tombol ZoomOut dan ZoomIn lalu saya klik ke gambar MAP nya kok ada pesan error =
    Line: 79
    Error: Invalid argument.
    Isi dari Line 79 itu adalah sbb =
    mapImage.style.clip = ‘rect(‘ + 0 + ‘ ‘ + mapImage.width + ‘ ‘ + mapImage.height + ‘ ‘ + 0 +’)’;

    Mohon pencerahannya ya Mas Yuniar

    • aplikasi desktop ato web ya?
      Zoom in/out itu tool standard default, bawaan dari mapxtreme. Jadi saya belum pernah nemuin error yang berhubungan dengan zoom.
      Apa mas aryanto merubah prosedur zoom in/out ini? atau ada prosedur lain yang ditambahkan di fungsi zoom?

      • Saya buat aplikasi WEB, sama seperti yang Mas Yuniar ajarkan di atas. Pokok nya saya ikutin sama persis. Zoom nya juga masih standar default. Maka nya saya bingung kok error ya?????

  14. Erik Rusbiantara

    waduchhh…gmn eaa….kci tw dunkz cara “*****”nya…hehehe
    saya butuh bngt mas…

  15. Erik Rusbiantara

    owhh..
    trnyata uda dkirim ya maz…..maklum 2 pnya email…baru saya ceck barusan….hehe
    iyaw…nti saya coba…
    terima kasih banyak atas bantuannya mas yuniar…

  16. Erick Roezbiantara

    Oya mas…
    saya mohon bantuan mengenai projeck GIS berbasis Asp.net..
    saya kirim via email iya mas…privasi…hehehe,….
    thx..

  17. Mas Yanuar, kebetulan company saya ada rencana membuat WebGIS. Saya bisa minta nomer hpnya gak , buat diskas lebih lanjut. kalo boleh, japri by email saya . Thank you

Tinggalkan Balasan

