InProc Development Model vs Manual State Model

Dalam pembuatan aplikasi web menggunakan MapXtreme, metode InProc merupakan metode yang termudah. Metode ini menggunakan satu objek session untuk satu user. Sehingga satu objek session dari satu user tidak akan mempengaruhi user lainnya.

Metode InProc ditujukan untuk pembuatan aplikasi sederhana dengan jumlah user yang terbatas. Karena masing-masing user mempunyai objek session sendiri, maka kita tidak perlu mengkhawatirkan session objek user saling mempengaruhi.

Jika server diibaratkan dengan restoran dan session objek diibaratkan dengan pelayan restoran, maka satu orang tamu dilayani oleh satu pelayan. Satu pelayan ini akan akan menjadi penerima tamu, pencatat pesanan, dan juga merangkap sebagai koki sehingga tidak akan ada pesanan yang tertukar atau salah pesan. Tapi bagaimana jika ada 100 tamu tetapi restoran itu hanya punya 50 pelayan? ada 50 tamu yang tidak terlayani, & cost yang dibutuhkan restoran tsb juga besar.

Metode manual state lebih disarankan untuk aplikasi yang komplek dengan jumlah user banyak. Dalam hal pengkodean, metode ini jauh lebih rumit dan komplek. Metode ini menggunakan 2 atau 3 objek session yang digunakan secara ‘bergantian’.

Ibaratnya dalam satu restoran hanya ada 3 pelayan yang melayani tamu yang datang secara bergantian. Sedangkan urusan memasak, serahkan saja pada koki. Jadi pelayan harus tahu dan mencatat pesanan agar pesanan para tamu tidak saling tertukar. Bisa jadi penerima pesanan tamu 1 adalah pelayan A dan pengantar pesanan tamu 1 adalah pelayan B. Karena itu perlu suatu metode untuk memastikan menu yang diantar ke tamu 1 sesuai dengan pesanan.

Karena inilah penkodean dari metode manual lebih komplek dan rumit. Tapi keuntungan metode manual state adalah aplikasi akan berjalan lebih efisien dan fleksibel. Berapapun jumlah user yang masuk tidak akan menjadi masalah.

Sumber: mapXtreme v6.8 developer guide

About Yuniar

Penulis sekarang lebih banyak bekerja menggunakan teknologi Microsoft .NET secara umum dan TIDAK lagi menggunakan aplikasi MapXtreme.net dari MapInfo. Karena itu mohon maaf, jika pertanyaan-pertanyaan mengenai MapXtreme sudah tidak bisa saya jawab lagi.

Posted on 2 Juli 2009, in MapXtreme and tagged , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: