Membuat Tool Sendiri di MapXtreme Web

Tool standard dari MapXtreme web

Tool standard dari MapXtreme web

Sebagai software untuk membuat aplikasi mapxtreme menyediakan beberapa tool standard baik untuk aplikasi web maupun desktop. Tool-tool yang tersedia di mapxtreme dapat dilihat di gambar sebelah.  Lalu bagaimana jika kita ingin membuat tool yang mempunyai fungsi yang berbeda dari biasanya?

Ada beberapa hal yang perlu dilakukan ketika membuat tool

  1. Menentukan client interaction. Client interaction ini untuk menentukan bagaimana interaksi yang dilakukan user terhadap peta. misal: poin klik, klik dan drag atau poligon klik.
  2. Membuat class turunan dari class MapBaseCommand. Class ini berisi semua fungsi dan proses yang harus dijalankan tool di sisi server. Apa yang harus dilakukan tool ketika tool diaktifkan semuanya didefinisikan di class ini.
  3. Definisikan file class ini di event Page load agar sistem mengetahui adanya tool baru.
  4. Buat file javascript. File ini berisi semua fungsi dan proses yang harus dijalankan tool di sisi client. Ketika class (no 2) telah selesai melakukan tugasnya, hasilnya akan di kirim ke client dan javascript ini yang bertugas menampilkan informasi tersebut ke client.
  5. Ubah property di button tool. Isi nama fungsi javascript (4) di property  ClientCommand, dan nama class (2) di property Command.
property tool

Tool property panel

Perhatikan gambar diatas. Secara default tool diatas adalah CenterTool. Kemudian property ClientCommand diganti menjadi getKoordinat dan property Command diganti menjadi ClsCoordinat. Hasilnya, tool ini tidak lagi berfungsi memindahkan posisi pusat peta ke lokasi klik, tapi berfungsi untuk memperoleh koordinat titik yang diklik.

Semoga bisa membantu, Happy Coding

About Yuniar

Penulis sekarang lebih banyak bekerja menggunakan teknologi Microsoft .NET secara umum dan TIDAK lagi menggunakan aplikasi MapXtreme.net dari MapInfo. Karena itu mohon maaf, jika pertanyaan-pertanyaan mengenai MapXtreme sudah tidak bisa saya jawab lagi.

Posted on 10 September 2009, in MapXtreme and tagged , , . Bookmark the permalink. 2 Komentar.

  1. Artikelnya sangant membantu pekerjaan saya mas. Tapi saya masih bingung mas dengan postingannya (mungkin terlalu singkat ya). Kalo berkenan mohon lebih detail lagi informasi yang terdapat di point 1-4, seperti file javascriptnya seperti apa? kelasnya juga seperti apa? Mohon pencerahannya mas. Terimakasih.

    Salam,
    Kiki Wisaka

    • Untuk menjelaskan ini coba kiki lihat di samplenya, tentang “infotool”. Infotool ini merupakan tool yang custom. Ada dua custom tool disini. Info tool dan zoomvalue
      Berdasarkan poin yang saya tulis
      1. Bisa dilihat di gambar di artikel saya. Property dari tool yang akan kita buat. Bisa clikinteraction, polygoninteraction dsb. Tentukan tool yang mau dibuat akan berinteraksi seperti apa.
      2. Class turunan mapbase command. Coba buka di sample, file CustomizedCommand.vb. Disitu ada class Info dan ZoomValue. Keduanya merupakan contoh class yang merupakan turunan dari mapbasecommand. Kiki tinggal bikin seperti itu.
      3. Buka file webform1.aspx.vb, di method pageload. Pendefinisian class yang dibuat di nomor 2, ada dibaris ‘ControlModel.Commands.Add(New Info). NB: Info adalah nama class yang dibuat di nomor 2.
      4. Buka file customcommand.js. Ada 2 method javascript disitu. function InfoCommand dan function getZoomValue. keduanya berhubungan dengan 2 class yang didefinisikan di nomor 2.
      5. Ini saya rasa sudah jelas. Property ‘Command’ dari tool diisi dengan nama class yang didefinisikan di nomor 2, property ‘ClientCommand’ diisi dengan nama method javascrip yang didefinisikan di nomor 4.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: