Monthly Archives: Oktober 2009

Nostragica

Tak terasa sudah dua setengah tahun aku menjalani pekerjaanku sekarang. Bekerja di bidang yang tidak ada hubungannya dengan latar belakang pendidikanku. Awalnya aku melamar pekerjaan di bagian yang ada hubungannya dengan gambar-menggambar peta. Tapi malah di tawarin di bagian pengembangan aplikasi. Mboh nekat mboh kepepet karena gak punya kerjaan?. Singkat cerita, hari itu juga aku tanda tangan kontrak kerja dengan masa percobaan tiga bulan.

Tiga bulan pertama, aku cuman di suruh mempelajari dot net, terus mapxtreme dot net dan mapxtreme java. Mulai dah, aku tanya-tanya simbah google mencari tahu “dotnet itu panganan opo sih?” Tiga bulan berlalu, dan aku tetep ra ngerto opo-opo. Aku dah mulai siap-siap digusur, cari tempat kerja lain. Ketika Miss M(anajer) menanyakan tetang kemajuanku, aku cuman bisa pasrah menjawab, kalo aku gak ngerti apa-apa soal dotnet. Tak diduga, bukan surat penggusuran yang aku terima. Miss M malah menyuruh aku ikut training.

Dua minggu kemudian, aku ikut kursus di daerah Sudirman, belajar tentang pembuatan aplikasi dengan asp dot net. Tempat kursusnya lumayat elit dan pesertanya cuman sebiji, ya aku aja. Meski trainingnya privat, dan trainernya bersemangat memberi penjelasan, tetep saja aku cuman bisa manthuk-mantuk sok ngerti. Belajar bikin web pake asp dot net bikin rambut tambah rontok, harus ngerti dot netnya (mau pake vb ato c#), html, css dan javascript, duh.

Selesai training, sekitar seminggu setelahnya. Aku dapat tugas pertama untuk bikin prototype tentang sistem informasi pemilihan daerah, dimana sistem ini akan terintegrasi dengan indosat 3G. Bener-bener stress, lawong aku itu cuman ikut kursus untuk pemula, belom paham apa itu class, apa itu property,  la kok disuruh bikin aplikasi canggih. Ibaratnya aku cuman kursus bengkel sepeda, tapi udah disuruh benerin pesawat jet!!?!  Waktu bener-bener masa paling suram, aku dah berpikir untuk nyerah aja. Tapi untung, di kantor ada Om Kumis, Mas Kecab Bandung, si Nenk ama bang Jalloe.  Mereka para senior yang enak diajak diskusi, mau dengan senang hati ngajari. Apalagi ternyata mas Kecab dan si Nenk ternyata sama-sama satu almamater, dan mereka juga terjerumus dengan sukses ke dunia programing. Melihat mereka membuat aku tetap bertahan.

Satu hal yang aku pelajari dari para senior. Ternyata mereka juga ‘belum tentu’ tahu semua hal. Mereka terus belajar, setiap ada kasus baru mereka rajin bertanya dengan simbah google, berdiskusi dengan temen-temen yang lain, mencoba hal-hal baru. Sehingga sesulit apapun aplikasi yang akan dibuat, mereka tetep enjoy ajah.

Blog ini sebenarnya aku buat sebagai arsip. Semua catatan dari hasil belajar, hasil pemikiran temen-temen semua aku catet disini. Lumayan, gak perlu bawa flashdisk atau hd external kemana-mana cukup bawa modem aja, kalau butuh bisa diakses dari mana-mana dan juga untuk mendukung gerakan “GO GREEN” dengan mengurangi penggunaan kertas. Tapi mohon dimaklumi, karena yang nulis masih level “CUPU” mungkin yang di muat disini jauh dibandingkan blog milik para master dari komunitas Geeks. Jujur Sebenarnya aku gak pede kalo tiba-tiba ada master dari Geeks yang nyasar kesini 😦 Wot-eper dah… yang penting terus belajar dan tetep semangat. Buat Om Kumis, Mas Kecab, bang Jalloe dan Nenk.. makasih ye, mkn ada beberapa pemikiran kalian yang aku tulis di blog ini.

Iklan

Hidden Column di Gridview

Aku pernah membuat aplikasi ASP.net. Di aplikasi tersebut aku menambahkan tool gridview untuk menampilkan data. Gridview aku buat dengan 4 kolom dan kolom ke-4 sengaja aku sembunyikan (hidden).

Masalah muncul ketika aku membuat prosedur Gridview_RowDataBound. Di prosedur ini aku ingin mengambil nilai dari dari kolom ke-4 dengan cara berikut ini

Dim simbol as String = e.Row.Cell(3).Text

Tapi aku tidak mendapatkan nilai yang aku inginkan. Jadi bagaimana mendapatkan nilai dari kolom yang disembunyikan tersebut?

Sebenarnya ada berbagai macam trik yang bisa dipakai. Salah satu trik ini aku dapatkan dari Wely. Cukup dengan kode berikut:

Dim simbol as String = DirectCast(DirectCast(DirectCast(DirectCast(e.Row, _
System.Web.UI.WebControls.GridViewRow).DataItem, _
System.Object), System.Data.DataRowView).Row, _
System.Data.DataRow).ItemArray(3)

Angka 3 dalam ItemArray(3) menunjukkan indek kolom sesuai urutan kolom dari query ke database, BUKAN urutan kolom di gridview. Jadi sebenarnya nilai diambil bukan dari gridview, tapi dari dataset.

Happy coding. Thanks buat Wely.

Konversi data hasil LINQ menjadi DataTable

Ketika menggunakan ADO, data hasil queri bisa kita olah lagi di datatable. Tapi bagaimana dengan data hasil dari LINQ? Ini menjadi masalah ketika aku ingin mengolah data hasil LINQ karena Data LINQ merupakan data bertipe enumarasi yang berbeda dengan dataset dan datatable. Salah satu cara untuk mengolah data LINQ adalah mengubah data hasil LINQ menjadi DataTable. Cara ini sangat membantu programer yang terbiasa menggunakan ADO.

Read the rest of this entry

Menggunakan class C# dan VB bersama-sama dalam satu aplikasi

Beberapa waktu yang lalu, dalam suatu projek, kami mendapat suatu class yang ditulis menggunakan C# dari internet, sedangkan aplikasi yang kami bangun menggunakan VB.NET. Karena kodenya cukup panjang, terlalu merepotkan kalo harus mentranslate ke VB.NET. Setelah browsing dan tanya-tanya ke Om Google kami menemukan teknik menggabungkan 2 bahasa tersebut.

Di ASP.NET 2.0, kita bisa menggabungkan web form yang ditulis menggunakan C# maupun VB.NET dalam satu aplikasi web. Kita juga bisa membuat class dengan bahasa yang berbeda. Meskipun secara default penulisan class dengan bahasa yang berbeda tidak diperbolehkan. Dengan sedikit perubahan setting pada web config, hal ini bisa dilakukan. Read the rest of this entry

Bind data LINQ ke Dropdown list

Ini merupakan kasus pertama yang kuhadapi ketika menerapkan LINQ di aplikasi. Binding data hasil LINQ ke dropdownlist. Butuh satu dua jam untuk menyelesaikan kasus ini. Akhirnya bisa juga. Untuk kode VB.NET di bawah belum di tes, tapi pasti bisa berjalan tanpa masalah.
Read the rest of this entry

Transfer Data dari Excell ke Database

Kode ini aku temukan di folder.  Daripada kode menghilang, lebih baik aku publish di sini, siapa tau nantinya diperlukan. Karena belum pernah menerapkan kode ini, jadi saya belum tahu cara menerapkan kode ini di dunia nyata. Tiga methode berikut akan membantu mentransfer data excell ke database.
Read the rest of this entry

Visitor Counter Sederhana di ASP.net

Menampilkan jumlah pengunjung website sering kita jumpai di aplikasi blog. Banyak situs-situs penyedia layanan menghitung jumlah pengunjung yang bisa kita manfaatkan. Kebetulan ketika sedang membuat website dengan asp.net, saya terpikir untuk membuat sendiri visitor counter dengan menambahkan sedikit kode  di aplikasi yang saya buat.

Informasi jumlah pengunjung yang masuk disimpan secara permanen di file txt (counter.txt). Ketika ada user masuk, informasi di file txt ini akan dibaca dan nilainya ditambah 1, kemudian ditampilkan di web dan disimpan lagi ke ke file txt.
Read the rest of this entry