Nostragica

Tak terasa sudah dua setengah tahun aku menjalani pekerjaanku sekarang. Bekerja di bidang yang tidak ada hubungannya dengan latar belakang pendidikanku. Awalnya aku melamar pekerjaan di bagian yang ada hubungannya dengan gambar-menggambar peta. Tapi malah di tawarin di bagian pengembangan aplikasi. Mboh nekat mboh kepepet karena gak punya kerjaan?. Singkat cerita, hari itu juga aku tanda tangan kontrak kerja dengan masa percobaan tiga bulan.

Tiga bulan pertama, aku cuman di suruh mempelajari dot net, terus mapxtreme dot net dan mapxtreme java. Mulai dah, aku tanya-tanya simbah google mencari tahu “dotnet itu panganan opo sih?” Tiga bulan berlalu, dan aku tetep ra ngerto opo-opo. Aku dah mulai siap-siap digusur, cari tempat kerja lain. Ketika Miss M(anajer) menanyakan tetang kemajuanku, aku cuman bisa pasrah menjawab, kalo aku gak ngerti apa-apa soal dotnet. Tak diduga, bukan surat penggusuran yang aku terima. Miss M malah menyuruh aku ikut training.

Dua minggu kemudian, aku ikut kursus di daerah Sudirman, belajar tentang pembuatan aplikasi dengan asp dot net. Tempat kursusnya lumayat elit dan pesertanya cuman sebiji, ya aku aja. Meski trainingnya privat, dan trainernya bersemangat memberi penjelasan, tetep saja aku cuman bisa manthuk-mantuk sok ngerti. Belajar bikin web pake asp dot net bikin rambut tambah rontok, harus ngerti dot netnya (mau pake vb ato c#), html, css dan javascript, duh.

Selesai training, sekitar seminggu setelahnya. Aku dapat tugas pertama untuk bikin prototype tentang sistem informasi pemilihan daerah, dimana sistem ini akan terintegrasi dengan indosat 3G. Bener-bener stress, lawong aku itu cuman ikut kursus untuk pemula, belom paham apa itu class, apa itu property,  la kok disuruh bikin aplikasi canggih. Ibaratnya aku cuman kursus bengkel sepeda, tapi udah disuruh benerin pesawat jet!!?!  Waktu bener-bener masa paling suram, aku dah berpikir untuk nyerah aja. Tapi untung, di kantor ada Om Kumis, Mas Kecab Bandung, si Nenk ama bang Jalloe.  Mereka para senior yang enak diajak diskusi, mau dengan senang hati ngajari. Apalagi ternyata mas Kecab dan si Nenk ternyata sama-sama satu almamater, dan mereka juga terjerumus dengan sukses ke dunia programing. Melihat mereka membuat aku tetap bertahan.

Satu hal yang aku pelajari dari para senior. Ternyata mereka juga ‘belum tentu’ tahu semua hal. Mereka terus belajar, setiap ada kasus baru mereka rajin bertanya dengan simbah google, berdiskusi dengan temen-temen yang lain, mencoba hal-hal baru. Sehingga sesulit apapun aplikasi yang akan dibuat, mereka tetep enjoy ajah.

Blog ini sebenarnya aku buat sebagai arsip. Semua catatan dari hasil belajar, hasil pemikiran temen-temen semua aku catet disini. Lumayan, gak perlu bawa flashdisk atau hd external kemana-mana cukup bawa modem aja, kalau butuh bisa diakses dari mana-mana dan juga untuk mendukung gerakan “GO GREEN” dengan mengurangi penggunaan kertas. Tapi mohon dimaklumi, karena yang nulis masih level “CUPU” mungkin yang di muat disini jauh dibandingkan blog milik para master dari komunitas Geeks. Jujur Sebenarnya aku gak pede kalo tiba-tiba ada master dari Geeks yang nyasar kesini😦 Wot-eper dah… yang penting terus belajar dan tetep semangat. Buat Om Kumis, Mas Kecab, bang Jalloe dan Nenk.. makasih ye, mkn ada beberapa pemikiran kalian yang aku tulis di blog ini.

About Yuniar

Penulis sekarang lebih banyak bekerja menggunakan teknologi Microsoft .NET secara umum dan TIDAK lagi menggunakan aplikasi MapXtreme.net dari MapInfo. Karena itu mohon maaf, jika pertanyaan-pertanyaan mengenai MapXtreme sudah tidak bisa saya jawab lagi.

Posted on 30 Oktober 2009, in Selingan. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

