Exponare Enquiry Error 1661

Enquiry merupakan aplikasi desktop yang merupakan bagian dari aplikasi Exponare. Exponare merupakan produk dari MapInfo, terdiri dari tiga bagian, Exponare Server, Enquiry dan Public. Di Indonesia aplikasi ini bukan aplikasi umum yang bisa di temukan di pasaran. Penggunanya pun hanya kalangan tertentu seperti governmnet.

Instalasi aplikasi sebenarnya cukup mudah, hanya persyaratannya yang cukup ketat. Untuk aplikasi server, exponare membutuhkan IIS lengkap dengan front page extension dan juga .net framework. Sedangkan enquiry di install di komputer client yang terhubung ke server.

Error yang paling sering muncul ketika menjalankan enquiry pertama kali adalah error dengan kode 1661 (Enquiry cannot connect to server). Error ini muncul bukan karena ada masalah di enquiry, tapi lebih karena ada masalah di IIS server. Secara umum, kita cukup melakukan

  • restart ASPNET service dan IIS, dan pastikan IIS telah berjalan lancar
  • periksa url yang menghubungkan enquiry ke server di file ExponareEnquiry.exe.config yang ada di folder Program Files\MapInfo\Exponare\Enquiry
  • Jika penyakitnya masih ada, coba restart server anda.

Tetapi cara ini terkadang tidak cukup. Perhatikan detil error yang ditunjukkan di bawah pesan error 1661. Kemungkinan ada pesan error 405 atau 404 atau yang lainnya. Jika cara-cara diatas belum ampuh, maka cara berikutnya adalah meregister ulang ASPNET services di IIS. Caranya:

  • Klik start Menu > Run > ketik CMD.
  • di windows command, masuk ke folder WINDOWS > Microsoft .NET > Framework > v2.0.50727 (jika exponare menggunakan framework 2.0)
  • jalankan command Aspnet_regiis /u
  • jalankan command Aspnet_regiis /i
  • Buka control panel >  Administrative Tools > Service, jalankan ASP.NET State service dan set startup type nya menjadi Automatic.
  • Restart IIS.

Lakukan testing, jalankan perintah berikut di Internet explorer
http://localhost/exponare/exponare.asmx
Jika berhasil. Hasilnya akan seperti berikut. Dan exponarenya sudah sembuh.

Jika gambar di atas tidak muncul, periksa kesalahan yang muncul. Biasanya ada hubungannya dengan setting IIS.

Happy coding.

About Yuniar

Penulis sekarang lebih banyak bekerja menggunakan teknologi Microsoft .NET secara umum dan TIDAK lagi menggunakan aplikasi MapXtreme.net dari MapInfo. Karena itu mohon maaf, jika pertanyaan-pertanyaan mengenai MapXtreme sudah tidak bisa saya jawab lagi.

Posted on 6 November 2009, in Exponare and tagged , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: