SQL Server 2008 – Kill Connections

Beberapa minggu yang lalu, ada oleh-oleh dari acara training “SQL Server 2008 Core”. Bukan makanan seperti lazimnya oleh-oleh, tapi sebuah script yang cukup berguna. Script ini digunakan untuk memutus semua koneksi ke database. Kenapa harus melalaui script? bukankah untuk memutus koneksi bisa dilakukan melalui ‘Management Studio’? Script ini berguna jika cara-cara normal tidak bisa dilakukan. Seadainya ada kesalahan di database yang menyebabkan error sehingga management studio pun tidak bisa menghandle, maka inilah gunanya script ini. Begitulah kira-kira yang dikatakan trainer waktu itu.

Script ini kebetulan baru saja kutemukan lagi, setelah beberapa waktu menghilang (lupa di copy kemana). Biar tidak hilang lagi, aku catat saja disini, siapa tau diperlukan. Untuk menggunakannya, ada beberapa perubahan yang harus dilakukan seperti nama databasenya.

DECLARE @DatabaseName nvarchar(50)
DECLARE @tString VARCHAR(15)
DECLARE @SPId int

SET @DatabaseName = N'Simulasi'

DECLARE my_cursor CURSOR FAST_FORWARD FOR
SELECT SPId FROM MASTER..SysProcesses WHERE DBId = DB_ID(@DatabaseName) AND SPId <> @@SPId

OPEN my_cursor

FETCH NEXT FROM my_cursor INTO @SPId

WHILE @@FETCH_STATUS = 0
BEGIN
	SET @tString = 'KILL ' + Cast(@SPId as varchar)
	EXEC(@tString)

	FETCH NEXT FROM my_cursor INTO @SPId
END

CLOSE my_cursor
DEALLOCATE my_cursor 

Thanks for someone called Feris.

Happy Coding.

About Yuniar

Penulis sekarang lebih banyak bekerja menggunakan teknologi Microsoft .NET secara umum dan TIDAK lagi menggunakan aplikasi MapXtreme.net dari MapInfo. Karena itu mohon maaf, jika pertanyaan-pertanyaan mengenai MapXtreme sudah tidak bisa saya jawab lagi.

Posted on 7 Desember 2009, in SQL Server and tagged , , . Bookmark the permalink. 2 Komentar.

  1. cript ini digunakan untuk memutus semua koneksi ke database?? maksudnya gimana?

    • Kalo gak salah inget sih… untuk disconect databasenya. Bener gak ya? lupa bos. Dulu gak terlalu memperhatikan sih, waktu dijelasin ama yang kasih script

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: