Setting Application Services (ASP.net Membership) di SQL Server 2005

Selama ini, ketika membangun aplikasi, saya dan teman-teman terbiasa membuat sendiri desain security aplikasi. Mulai dari informasi user, pengaturan hak akses, desain tabel user di database, roles dari user,semuanya kita buat sendiri. Tentu saja hal ini menimbulkan lebih banyak kerepotan dan masalah. Sebenarnya ASP.net menyediakan fasilitas untuk mengatur masalah ini yang disebut Application Services. Beberapa hari terakhir ini, saya mempunyai kesempatan untuk mempelajari tentang ASP.net Application Service. Application service ini termasuk membership yang digunakan untuk validasi dan menyimpan informasi user (CMIIW), profile, role management, personalisasi dan SQL Web event provider. Untuk penjelasan detil dapat dibaca di MSDN.

Secara default, ketika mengimplementasikan Application service, struktur database untuk pengaturan data akan terbentuk di SQL Express. Sekarang, bagaimana jika kita tidak menggunakan SQL Express, tapi menggunakan SQL Server?

Buka command prompt dan jalankan file ‘aspnet_regsql.exe‘ yang ada di folder C:\WINDOWS\Microsoft.NET\Framework\v2.0.50727

Setelah proses selesai, buka sql server management studio. Tabel yang di buat, berawalan aspnet_

Dengan menggunakan application service, kita jadi lebih mudah memanfaatkan login tool dan juga tidak perlu dipusingkan dengan masalah keamanan aplikasi

Semoga bermanfaat
Happy Coding

About Yuniar

Penulis sekarang lebih banyak bekerja menggunakan teknologi Microsoft .NET secara umum dan TIDAK lagi menggunakan aplikasi MapXtreme.net dari MapInfo. Karena itu mohon maaf, jika pertanyaan-pertanyaan mengenai MapXtreme sudah tidak bisa saya jawab lagi.

Posted on 27 Mei 2010, in ASP.net and tagged , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: