Mengaktifkan event Button.Click dengan tombol Enter di Textbox

Di projek terakhir, ada satu permintaan dari client. Ketika melakukan pencarian, setelah memasukkan kata kunci di textbox, hanya dengan menekan tombol ‘ENTER’ proses pencarian bisa dilakukan tanpa perlu repot-repot menekan tombol pencarian dengan mouse.

Jika hanya ada satu button, sebagai contoh di event login, setelah mengisi user dan password dan menekan enter, event di button akan dijalankan. Tapi ini tidak berlaku jika ada lebih dari 1 button atau ada beberapa textbox dan beberapa button dalam form . Sebagai contoh, lihat gambar diatas, ketika kita menekan ‘ENTER’ di textbox, event di button Cari tidak akan dijalankan. Umumnya event yang dijalankan adalah event yang ada di button pertama (button Tambah). Lalu bagaimana agar ketika user menekan tombol ‘ENTER’ di textbox, event di button tertentu yang dijalankan?

Tambahkan code berikut di code behind

tbCari.Attributes.Add("onkeydown", "if(event.which || event.keyCode){if ((event.which == 13) || (event.keyCode == 13)) {document.getElementById('" + btCari.UniqueID + "').click();return false;}} else {return true}; ")

Keterangan :
tbCari : nama dari textbox
btCari : nama dari button yang akan di triger eventnya.

Semoga bermanfaat

About Yuniar

Penulis sekarang lebih banyak bekerja menggunakan teknologi Microsoft .NET secara umum dan TIDAK lagi menggunakan aplikasi MapXtreme.net dari MapInfo. Karena itu mohon maaf, jika pertanyaan-pertanyaan mengenai MapXtreme sudah tidak bisa saya jawab lagi.

Posted on 2 September 2010, in ASP.net and tagged , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: